Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Klarifikasi PC PMII Kota Bandung Atas Framing CNN Indonesia

Klarifikasi PC PMII Kota Bandung Atas Framing CNN Indonesia

Written By Iji Jaelani on Minggu, 08 Januari 2017 | 14.07

Akhir akhir ini situasi politik nasional disuguhkan pada maraknya fenomena intoleransi dalam kehidupan berbangsa. Temuan ini 2 kali disampaikan Pak Eko Sulistyo, Kepala Staf Kepresidenan Deputi IV bidang komunikasi politik, pada dua diskusi yang berbeda, rapimnas Jaringan Kemandirian Nasional di Solo pada 2 Desember 2016 dan Refleksi Akhir Tahun besrama FKGMNU Jawa Barat pada 30 Desember 2016 di Bandung. Fenomena ini diperkuat oleh faktor aktor politik yang berkepentingan dan framing media, terutama berita hoax.


pmii kota bandung, pmkri, cnn indonesia, pmii dukung laporan rizieq shihab
aksi bersama (PMII, GMNI, GMKI, PMKRI)


Ada apa dengan Framing

Fenomena issue dugaan penistaan Agama menjadi issue pokok dalam bingkai intoleransi, yaitu kasus Ahok dan Kasus Rizieq Shihab. Khusus kasus kedua, Rizieq Shihab dalam ceramahnya  di Pondok Kelapa, Jakarta Timur dipandang telah menodai nilai-nilai kebhinekaan. Atas sikapnya tersebut, kelompok mahasiswa Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia melaporkan Rizieq Shihab ke polisi dengan nomor laporan LP/66344XII/2016/PMJ/ Dit.Reskrimsus atas dugaan penistaan agama.

Terkait pelaporan Rizieq Shihab ke kepolisian oleh PMKRI, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kota Bandung yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Satu Bangsa (AMSB) menghormati keputusan PMKRI yang mengambil langkah hukum/ pelaporan. Hal itu disampaikan oleh Sahabat Ibnu Mahbub, Ketua Cabang PMII Kota Bandung.

Akan tetapi, muncul kemudian artikel berita dari situs CNN Indonesia berjudul “Organisasi Sayap NU dukung PMKRI Laporkan Rizieq Shihab”. Framing CNN dengan mencatut nama NU dan pernyataan dukungan pelaporan, tidak ada nama narasumber wawancara ini menjadi viral dan menimbulkan kegaduhan di internal PMII dan NU.

Di konfirmasi di tempat terpisah, Ketua PMII Cabang Kota Bandung melakukan klarifikasi. “Sahabat2, Terkait hal itu memang benar kita (PMII) dan gmki, gmni, pmkri cabang bandung mengeluarkan pernyataan sikap -hanya dengan mengatasnamakan PMII- Pernyataan sikap yg dikeluarkan itu hanya menerangkan dan menyatakan bahwa kami menghormati keputusan organisasi pmkri yg mengambil langkah hukum/pelaporan." Kemudian ketua cabang menegaskan juga bahwa pmii kota bandung tidak ikut menjadi pelapor, dan penyataan sikap yg PMII Kota Bandung keluarkan, untuk menjaga/merawat kebersamaan terutama dalam konteks gerakan bersama.

Atas polemik ini, ketua cabang PMII bersama sahabat-sahabat dari gmki, pmkri, dan gmni pun malam sempat rembuk untuk mengklarifikasi hal itu ke cnn (media yang memberitakan), akan tetapi belum ada balasan.

Tambah Yogi Apendi, Wakil Ketua bidang eksternal, “terkait berita CNN Indonesia itu sudah kita konfirmasi, lagi diurus. Masalah komplen dan permintaan klarifikasi sda sejak awal muncul  berita, senior, PB PMII, NU Jabar, dll, sudah meminta konfirmasi. Sayangnya juga banyak sahabat-sahabat yang tidak lihat berita lain selain CNN. Demi kebaikan bersama, hari ini (8 Januari 2017, red) PC mengeluarkan penjelasan resmi”.

    

SIKAP RESMI PC. PMII KOTA BANDUNG

Terkait Pelaporan HR Oleh PP. PMKRI Dan Berita Yang Di Terbitkan CNN Indonesia


Bandung, 08 Januari 2016
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam silaturrahim, teriring do'a kami sampaikan semoga Sahabat/Sahabati/Bapak/Ibu/Saudara/Saudari senantiasa dalam lindungan-Nya, serta eksis dalam menjalankan aktifitas keseharian. Amin.


Selanjutnya, sehubungan adanya pelaporan saudara HR oleh PP. PMKRI dan Berita yang di terbitkan oleh CNN INDONESIA tertanggal 06/01/2017 pukul 03.30, kami PC. PMII Kota Bandung menerangkan sejelas-jelasnya dan menegaskan :

Pertama, PC. PMII Kota Bandung tidak ikut serta dalam pelaporan saudara HR, bahwa PC. PMII Kota Bandung hanya menghormati dan menghargai sikap dan keputusan dari PP. PMKRI untuk mengambil langkah normatif (Jalur Hukum/Pelaporan) sebagai jalan keluar permasalahan. Sehingga, tidak ada unsur sara yang mampu menimbulkan persolan baru bagi masyarakat banyak yang kemudian dapat merusak kebhinekaan dan kerukunan kehidupan berbangsa, beragama dan bernegara, semua persoalan di serahkan kepada pemerintah dan aturan hukum yang berlaku.

Kedua, PC. PMII Kota Bandung bersama dengan PMKRI, GMNI, dan GMKI Cabang Bandung memiliki komitmen dalam menjaga serta merawat kebhinekaan sebagai satu tatanan bangsa yang tidak harus di persoalkan kembali dan selanjutnya secara seksama seluruh elemen masyarakat indonesia mampu membangun kekuatan Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketiga, PC PMII Kota Bandung menyayangkan konten berita yang diterbitkan CNN INDONESIA terkhusus    konten    berita    yang    mencatut    nama    Nahdlatul    Ulama    (NU)    di    dalamnya   ( http://m.cnnindonesia.com/nasional/20170105181828-20-184407/organisasi-sayap-nu-dukung- pmkri-laporkan-rizieq-shihab/),  karena  dalam  proses  pernyataan  sikap  PC.  PMII  Kota  Bandung bersama PMKRI, GMNI, dan GMKI Cabang Bandung yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Satu Bangsa (AMSB) terkait dukungan dan penguatan gerakan oleh aliansi dalam menyikapi kerukunan antar umat beragama dan merawat kebhinekaan di Indonesia serta menghormati dan menghargai keputusan PP. PMKRI yang menyelesaikan masalah melalui jalur hukum tidak sama sekali membawa nama NU.

Sekian penjelasan dan klarifikasi dari kami, semoga menjadi kemaslahatan dan keberkahan untuk kita semua.

Wallahul Muwafiq Ilaa Aqwamit Thariq
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
PENGURUS CABANG
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kota Bandung
IBNU MAHBUB
Ketua Cabang


*tulisan ini dibuat sebagai klarifikasi PC PMII Kota Bandung atas polemik pemberitaan di situs CNN Indonesia, 6 Januari 2017 tentang berita “Organisasi Sayap NU Dukung PMKRI Laporkan Rizieq Shihab

0 komentar:

Posting Komentar