Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Islam Indonesia Bersama Zastrow al Ngatawi di UIN Bandung

Islam Indonesia Bersama Zastrow al Ngatawi di UIN Bandung

Written By Iji Jaelani on Rabu, 02 Maret 2016 | 08.46



Berbicara Islam Indonesia akan selalu menarik dan penting untuk dikaji. Penting karena Islam Indonsia merupakan sintsa antara Islam sebagai sebuah tatanan nilai yang lahir pada abad ke-6 dengan membawa spirit ketauhidan, moral, dan pembebasan tatanan kebudayaan dan peradaban, akan tetapi tetap kontekstual dengan kondisi kekinian di Indonesia, melewati berbagai babak zaman pertengahan, zaman pencerahan, perang dunia ke-I dan ke-II, melewati Asia kecil hingga ke Indonesia seperti yang terjadi sekarang ini.

Islam Indonesia di mata dunia, Zastrouw Al Ngatawi, Islam nusantara
ilustrasi Islam Indonesia
Islam Indonesia pun tetap menarik untuk dikaji, yakni karena dalam rentang di abad ke-6 dan kebudayaan Arab sebagai tanah kelahirannya, mampu berkesuaian dengan kebdayaan Indonesia hingga saat ini, dengan melepaskan budaya Arabnya. Spiritnya spirit ke-Islaman, tapi coraknya digali dari nilai nilai ke-Indonesiaan.

Dalam konteks ini, pertanyaan kenapa tema Islam Indonesia yang sangat membumi, atau yang kini lebih dikenal dengan Islam nusantara dibahas pada moment orientasi pengenalan akademin (OPAK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah pertanyaan yang lebih menarik. 

Di tengah kepungan globalisasi dan jebakan kapital yang kian merasuki hampir semua sektor kehidupan, apakah generasi bangsa akan lupa teradap nilai nilai ke-Islaman sebagai spirit pembebasan dan spirit kecintaan tehadap tanah air sebagai spirit kebadayaan yang mana keduanya adalah benteng yang akan kekuatan utama bangsa ini? 

Begitu juga dengan maraknya kelompok yang mengatasnamakan Islam tapi tidak serta merta mencintai bangsanya, bakan melakukan pemikiran dan gerakan makar. Sementara pada sisi lain bangsa ini menunggu sosok pemimpin yang dilahirkan dengan  dari pergulatan mahasiswa. 

Untuk menjawab semua persoalan di atas, OPAK UIN Bandung 2015 melakukan diskusi public dengan teman Islam Indonesia yang akan disampaikan oleh KH. Dr. Zastrouw AL Ngatawi, salah satu tokoh nasional lulusan UI yang sangat memahami keagamaan dan kebudayaan Indonesia, secara gamblang dan tuntas. Semuanya akan dibahas melalui video di bawah ini.

Islam Indonesia bersama Zastrouw Al Ngatawi di OPAK UIN 2015

Islam Indonesia Part I

 



Islam Indonesia Part II

 



Islam Indonesia Part III

 

Sekilas Tentang Zastrouw Al Ngatawi

Islam Indonesia di mata dunia, Islam Indonesia PMII, islam nusantara, biografi zastrouw al ngatawi, profil zastrouw al ngatawi
Profil Singkat Zastrouw Al Ngatawi
Zastrow Al Ngatawi adalah ketua Lesbumi (Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia) PBNU periode 2004-2009. Ia memiliki ciri khas selalu memakai blangkon dan cukup sering mengisi acara di TV dan menjadi MC di berbagai acara, terutama acara NU. Selain mengisi acara, Zastrouw Al Ngatawi menjadi pelopor Grup Musik Ki Ageng Ganjur, salah sat grup musik yang mengimplemntasi spiritualitas keagamaan melalui jalur music dan pemberdayaan kultural, melakukan kolaborasi bersama Slank, Iwan Fals, Pidi Baiq, dan deretan musisi lainnya di tana air, tour antar Negara ke Tailand,  Jepang, Qatar, Abu Dhabi, Amerika, dan negara negara lainnya.

Semenjak usia 8 tahun, Zastrouw sudah mandiri dan tak kumpul lagi bersama orang tua. Untuk melakukan survival, Zastrouw melakukan berbagai profesi, semenjak berjualan Koran, jaga took sampai mengamen. Dari sisi seni itulah, dank arena kecintaannya pada budaya, ia konsen melakukan transformasi social dari jalur budaya. 

Kehidupannya selama di kampus, ia menjadi aktivis, sering melakukan berbagai advokasi masyarakat era Soeharto, hingga mempertemukannya dengan Gus Dur ketika melakukan advokasi di waduk ombo. Dari sanalah ia dekat, bahkan sempat menjadi asisten Gus Dur, hingga menemani Gus Dur berobat ke Amerika Serikat.


0 komentar:

Posting Komentar