Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Spirit Lagu Imagine John Lennon

Spirit Lagu Imagine John Lennon

Written By Iji Jaelani on Selasa, 02 Februari 2016 | 00.39

Mencari Spirit Lagu Imagine-nya John Lennon 


imagine john lennon, imagine john lennon youtube, lirik imagine jhon lennon,makna lagu imagine jhon lennon, latar belakang imagine jhon lennon, imagine jhon lennon 1971, makna lagu imagine jhon lennon, the beatles jhon lennon,
Jhon Lennon
Aku bukan pemain musik, tidak juga terlalu piawai untuk menjabarkan mengenai teknik bermusik. Tapi entah mengapa malam ini tanganku digerakkan oleh seseorang yang sangat jenius, dengan lagu dan musik yang dia bawakan, membuat satu kampanye dan gerakan baru mengenai apa yang yang disebut kemanusiaan, perdamaian, anti perang dan ketakutan.




John Lennon seorang musisi 60-an yang melegenda, itulah maksudku. Wajahnya sangat akrab sekali, semenjak aku tak pernah tahu namanya, asal usul dan kisah perjuangannya. Sampai pada suatu waktu Ahmad Nugraha (Aldo), kawan perjuanganku, memutarkan lagu imagine untukku, itulah jawaban kenapa sosok itu begitu akrab kulihat.

Malam ini kulacak nama itu di mesin pencarian, termasuk kisah kehidupan melawan peperangan, soal sejarah kelam penyerangan jerman pada negaranya era perang dunia kedua, perceraian orang tua, kisah gitar bekas, terbebasnya bagi polisi mabuk yang menabrak ibunya, karier The Beatles, gerakan anti perang, dimasukkan ke dalam daftar blacklist oleh Richard Nixon, presiden Amerika Serikat waktu itu, dan rencana dideportase dari Amerika karena terlalu vokal, sampai pada kematiannya yang ditembak oleh fans nya sendiri pada 8 Desember 1980.

Video Lagu Imagine John Lennon


Makna Lagu Imagine yang Menginspirasi Perdamaian


Jika ada yang mengatakan bahwa lagu lagu imagine adalah lagu anti agama, lagu anti negara, mungkin pada satu perspektif, tafsiran tersebut sah sah saja. Akan tetapi jika ditarik dari semua perjalanan hidup John Lennon, maka lagu ini syarat akan perdamaian, keragaman, dan kemanusiaan, perlawanan terhadap kejahatan, perang, dan penindasan atas nama agama, warna kulit, kekayaan, dan negara.


imagine john lennon, imagine john lennon youtube, lirik imagine jhon lennon,makna lagu imagine jhon lennon, latar belakang imagine jhon lennon, imagine jhon lennon 1971, makna lagu imagine jhon lennon, the beatles jhon lennon,
Lirik Lagu Imagine Jhon Lennon


Pada suatu waktu, Lennon pernah berkata, “Jika ada satu orang yang bermimpi, maka tetaplah mimpi. Tapi jika ada dua orang memiliki mimpi yang sama, itulah realitas. Yaitu mimpi tentang Love Peace No War,” Ucap John Lennon saat menentang kebijakan Amerika Serikat tentang perang Vietnam. Secara serius, ia telah mengajak para penggemarnya dan khalayak pada umumnya untukmencintai perdamaian dunia. Lennon membayangkan, kehidupan yang sempurna adalah kehidupan yang penuh perdamaian; tak ada saling bunuh, tak ada kemiskinan, semuanya serba damai dan bahagia

Selama 2 tahun di akhir kisahnya bersama The Beatles di inggris, John Lennon turut melakukan serangkaian protes atas perang Amerika terhadap Vietnam. Lennon pun sempat mengembalikan penghargaan MBE (Member of British Empire) yang diberikan Ratu Elizabeth 26 Oktober 1965 di Istana Burkingham, Inggris.

Pada lagu Imagine, menurut pandanganku, John Lennon secara lantang menyuarakan pada warga dunia untuk hidup dalam kedamaian-tanpa perang, tidak ada yang membunuh, tidak ada yang mati terbunuh, dan tidak ada kemiskinan. Melalui liriknya, John Lennon mengajak kita untuk membayangkan tak ada surga, neraka, negara, dan harta, karena banyak peperangan terjadi atas adanya penindasan dan kejahatan atas nama surga, neraka, negara, dan relasi kepemilikan harta benda.

Inilah lirik lagu yang sangat menginspirasi jutaan orang di dunia, mencapai tangga lagu ke-3 dalam Billboard (Amerika Serikat), dan ke-6 di Britania Raya, dan menjadi lagu ketiga terbaik sepanjang masa versi Majalah Rooling Stone.

Lirik lagu Imagine dan Terjemahannya


Imagine there's no heaven
It's easy if you try
No hell below us
Above us only sky

Imagine all the people
Living for today

Imagine there's no countries
It isn't hard to do
Nothing to kill or die for
And no religion too

Imagine all the people
Living life in peace

You may say I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will be as one

Imagine no possessions
I wonder if you can
No need for greed or hunger
A brotherhood of man

Imagine all the people
Sharing all the world

You may say I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will live as one


Bayangkan

Bayangkan surga tak ada
Ini mudah jika kau mencobanya
Tak ada neraka di bawah kita
Hanya langit di atas kita


Bayangkan semua orang
Hidup untuk hari ini

Bayangkan negara tak ada
Tak sulit dilakukan
Tak ada yang harus dibunuh atau mati untuknya
Dan tak ada agama juga

Bayangkan semua orang
Hidup dalam kedamaian

Kau bisa bilang aku seorang pemimpi
Tapi aku bukanlah satu-satunya
Aku harap suatu saat nanti kau akan bergabung denganku
Dan dunia akan menyatu

Bayangkan kepemilikan tak ada
Aku penasaran apakah kau bisa
Tak perlu kerakusan atau kelaparan
Persaudaraan manusia

Bayangkan semua orang
Berbagi semua dunia

Kau bisa bilang aku seorang pemimpi
Tapi aku bukanlah satu-satunya
Aku harap suatu saat nanti kau akan bergabung denganku
Dan dunia akan hidup sebagai kesatuan

Video Imagine John Lennon Versi lain



Epilog


Terlepas dari berbagai tafsir atas lagu Imagine tersebut, sampai pada label anti agama, anti nasionalistis, anti konvesionalitas, dan manifesto komunis, namun lagu ini memiliki arti penting  yang menjadikan musik sebagai  gerakan perdamaian dan gerakan kemanusiaan. Karenanya, nilai nilai humanitarianisme universal yang diperjuangkan, membuat lagu ini akan selalu diterima sepanjang zaman. 

Karena musik adalah suara universal, itu adalah suara semua umat manusia. Dengan memberikan nafas kemanusiaan pada setiap liriknya, maka Jhon Lennon telah memiliki 2 tempat sekaligus yang pasti dikenang zaman. Selamat tinggal John Lennon. Kamu mungkin mati, tapi inspirasi dan nilai nilai yang kamu perjuangkan akan tetap hidup dalam sanubari.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar